Skip to main content

Manajemen Algoritma pembelajaran dasar dengan bahasa pascal


Algoritma merupakan suatu langkah atau cara penyusunan sebuah penyelesaian masalah secara terperinci berdasarkan urutan yang sistematis. Di dalam berbagai macam masalah yang ada di muka bumi ini terdapat sebuah solusi untuk mengatasinya. Sederhananya dalam pengurutan angka. Taruhlah anda memiliki setumpuk kartu yang diberi nomor 1 sampai 5. Kartu tersebut semula tersusun secara teracak, dan sekarang anda perlu mngurutkannya kembali dari nomor terkecil sampai ke yang paling terbesar (ditumpuk dengan susunan yang terkecil dibawah, dan yang besar diatas). Secara tradisional, langkah-langkah yang anda lakukan adalah mencari kartu yang paling kecil(1), lalu cari kartu dengan nomor terkecil kedua(2), selanjutnya letakan di atas kartu pertama. Begitu seterusnya anda mencari yang ketuga, keempat, kelima, sampai akhirnya seluruh kartu terurut. Sebagai catatan anda juga melakukan kebalikannya, yakni cara kartu yang paling besar lalu urutkan ke yang paling atas, cari kartu yang terbesar kedua terus tempatkan di bawah kartu pertama. Begitu seterusnya sampai semua terurut. 

Sekarang kita akan tuliskan langkah-langkah tadi seperti ini:

Langkah 1: Cari Kartu dengan nomor terkecil
Langkah 2: Tempatkan pada posisi paling bawah
Langkah 3: Cari kartu dengan nomor terkecil kedua
Langkah 4: Tempatkan pada posisi ke 2
Langkah 5: Cari kartu dengan nomor terkecil ketiga
Langkah 6: Tempatkan pada posisi ke 3

........(dst)


Perhatikan notasi di atas bahwa sebenarnya di dalam langkah penyelesaiannya hanya terdapat dua  perintah  yakni, mencari kartu dengan nomor terkecil dan menempatkannya pada posisi yang benar. Kedua perintah ini diulang berkali-kali tetapi dengan acuan yang berbeda ( kedua,ketiga, dan seterusnya). langkah penyelesain diatas dapat kita tulis secara lebih sederhana sebagai berikut:

Langkah 1: Cari kartu dengan nomor terkecil
Langkah 2: Tempatkan nilai terkecil pada posisi yang tepat
Langkah 3: Ulangi langkah 1 untuk N-1 buah kartu yang lain. ( N = Jumlah kartu tersisa )

Nah, ide pengurutan tumpukan di atas mengilhami orang untuk menulis program pengurutan data dengan bantuan komputer. Data yanng akan diurutkan  harus dimasukan dulu ke dalam memori komputer dengan cara "pembacaan", selanjutnya data tersebut diurut berdasarkan langkah-langkah yang sudah di jelaskan diatas. Agar program dapat di dilaksanakan oleh komputer, maka program tersebut harus di tulis dengan bahasa khusus komputer. Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis program dinamakan bahasa pemrograman. Orang yang membuat program komputer disebut Pemrogram (Programer), dan kegiatan merancang dan menulis program disebut pemrograman.

Salah satu dari sekian banyaknya bahasa pemrograman yang tersedia saaat ini adalah Bahasa Pascal. berikut saya berikan contoh struktur penulisan bahasa pemrograman pascal.

program  PENGURUTAN;
{program pengurutan nilai ujian mahasiswa}

const
        Nmaks  = 1000;   {jumlah maksimum data}
var
      nilai  : array [1..Nmaks ]  of integer; {tempat menyimpan data}
      j,k, temp,    N,    Imaks  : integer; 
begin  
 { baca data nilai ujian N mahasiswa  }
       read(N) 
       for  j:=1 to N do 
               readln ( Nilai[j] );
                  {end for}
{ urutkan data dengan langkah-langkah berikut: }

   for  j:=1   to   N-1   do   { ulangi sebanyak N- 1 kali  }
begin
        { cari nilai terbesar }
       Imaks:=j ;
       for   k:=j +1   to   N  do
if  Nilai [k]  >  Nilai [j] then
Imaks:=k;
{endif}
{endfor}   

{tempatkan nilai terbesar pada posisi yang tepat} 
temp:= Nilai[j] ;
Nilai[j]:= Nilai[Imaks];
Nilai[Imaks]:=temp;

end;   {for}

 {tuliskan nilai yang sudah terurut }

   for  j:=1  to do
        writeln(Nilai[j]);
{endfor} 
end.




Itulah salah satu contoh penulisan program bahasa pascal. Meskipun anda belum mengetahui kenapa programnya bisa berjalan demikian, akan tetapi yang penting saat ini adalah anda mengetahui contoh rupa sebuah program komputer. Untuk pembahasan lebih lanjut tentang Algoritma dalam bahasa pascal akan saya ulas dalam postingan selanjutnya. Jadilah pembaca yang baik dengan meninggalkan kritik atau pesan di kolom komentar. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya. 

Comments

Popular posts from this blog

Unduh Photoshop cs 5 gratis free

Ok gan kali ini ane mau nge-share salah satu aplikasi edit photo terbaik kalo menurut ane. Dengan berbagai macam fitur yang disediakan membuat proses editing menjadi lebih efisien dan efektif. Tampilannya yang user friendly membuat pengguna lebih leluasa dalam mengontrol apa lagi kalo bukan Adobe Photoshop. Kebanyakan kalian juga pasti sudah mengenal fungsi-fungsinya jadi ane gak akan banyak cingcong. Silahkan di Sruput link-nya !!!  

Hiragana

Ok sob kali ini ane mau ngasih ente pelajaran tentang huruf jepang にほんご, yakni Hiragana (ひらがな). Buat para otaku mungkin sudah familliar kalo denger hiragana. Hiragana merupakan salah satu jenis huruf jepang yang paling mendasar. Huruf ini digunakan untuk menunjukan bahasa jepang yang masih asli(original) sedangkan kata serapan dari bahasa asing biasanya menggunakan Katakana(かたかな) Nah tanpa berlama-lama lagi silahkan agan simak dengan seksama pelajaran dibawah ini. Cekidot... さはじめましょう 1. A-I-U-E-O 2.KA-KI-KU-KE-KO 3.MA-MI-MU-ME-MO 4.NA-NI-NU-NE-NO 5.HA-HI-FU-HE-HO 6.SA-SI-SU-SE-SO 7.RA-RI-RU-RE-RO 8.TA-CHI-TSU-TE-TO 9.YA-YU-YO 10.WA-WO 11. N  Sekian dan selamat belajar. がんばって ください.まだまだ つじゅく おぼえって ください

Belajar Tanggal jepang mudah dan menyenangkan

Tanggal merupakan sebuah aspek yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan tanggal kita bisa mengenang sebuah momen, entah itu tentang kesedihan maupun kebahagiaan. Seperti halnya kelahiran kita, tanpa tanggal mungkin tidak akan ada orang yang tahu kapan ia dilahirkan dan juga tak akan ada orang yang akan merayakan ulang tahunnya. Tidak hanya itu tanggal juga berperang penting dalam kemerdekaan negara kita. Ya tepat tanggal 17 Agustus 1945  negara kita memproklamirkan kemerdekaanya dari penjajahan, entah itu belanda,inggris, maupun jepang. Nah tapi disini kita bukan akan belajar tentang sejarah. Sesuai dengan judul diatas kali kita akan belajar tentang penanggalan pada bahasa jepang dengan mudah dan menyenangkan. Meskipun jepang telah menjajah kita selama 3,5 tahun, namun tidak ada salahnya apabila kita mempelajari budaya dan bahasanya. Terlepas dari banyaknya otaku di indonesia marilah kita mulai pelajarannya. Sa hajimemasho !!! さ はじめましょう !!!   Untuk pertama kita