Skip to main content

Belajar Tanggal jepang mudah dan menyenangkan

Tanggal merupakan sebuah aspek yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan tanggal kita bisa mengenang sebuah momen, entah itu tentang kesedihan maupun kebahagiaan.

Seperti halnya kelahiran kita, tanpa tanggal mungkin tidak akan ada orang yang tahu kapan ia dilahirkan dan juga tak akan ada orang yang akan merayakan ulang tahunnya.

Tidak hanya itu tanggal juga berperang penting dalam kemerdekaan negara kita. Ya tepat tanggal 17 Agustus 1945  negara kita memproklamirkan kemerdekaanya dari penjajahan, entah itu belanda,inggris, maupun jepang.

Nah tapi disini kita bukan akan belajar tentang sejarah. Sesuai dengan judul diatas kali kita akan belajar tentang penanggalan pada bahasa jepang dengan mudah dan menyenangkan.

Meskipun jepang telah menjajah kita selama 3,5 tahun, namun tidak ada salahnya apabila kita mempelajari budaya dan bahasanya. Terlepas dari banyaknya otaku di indonesia marilah kita mulai pelajarannya. Sa hajimemasho !!! さ はじめましょう !!!








Untuk pertama kita mesti tahu tentang angka dalam bahasa jepang yakni :

1 = Ichi 一

2 =Ni  二

3 =San 三

4 =Yon/Shi 四

5 = Go   五

6 = Roku 六

7 = Shichi 七

8 = Hachi 八

9 = Kyu/Ku キュ

10 = Ju 儒

11 = Ju ichi 寿一

12 = Ju ni  じゅに


Setelah kita  mengetahui angka dalam bahasa jepang selanjutnya tinggal kita sisipkan angka tersebut ke dalam bulan dalam bahasa jepang yakni:

Januari = Ichi + gatsu  dalam artian ini ichi adalah satu dan gatsu adalah bulan 一月

Februari = Ni gatsu 二月

Maret = San gatsu 三月

April = Shi gatsu 四月

Mei = Go gatsu  五月

Juni = Roku gatsu 六月

Juli = Shichi gatsu 七月

Agustus = Hachi gatsu 八月

September = Ku gatsu  九月

Oktober = Ju gatsu 儒月

November = Juichi gatsu 寿一月

Desember = Juni gatsu  十二月

Bagaimana mudah kan? Kantan ni darou ? かんたん に だろう ?

Kita sekarang telah mengetahui bulan dalam bahasa jepang, namun tidak cukup dengan itu saja. Kita juga harus mengetahui  hari dan penanggalannya.

Berikut ini nama hari-hari dalam bahasa jepang.

Minggu = Nichi youbi dalam artian Nichi adalah tanggal/permulaan hari dan youbi adalah hari  (hari permulaan) kalau orang sunda bilang poe ahad 日曜日

Senin = Getsu youbi dalam artian Getsu adalah bulan dan youbi adalah hari ( hari bulan) 月曜日

Selasa = Ka youbi dalam artian Ka adalah api dan youbi adalah hari  (hari api) 火曜日

Rabu = Sui youbi dalam artian Sui adalah air dan youbi adalah hari  (hari air) 水曜日

Kamis = Moku youbi dalam artian Moku adalah pohon dan youbi adalah hari 木曜日
  (hari pohon)

Jumat = Kin youbi dalam artian Kin adalah perak dan youbi adalah hari (hari perak) 金曜日

Sabtu = Do youbi dalam artian Do adalah tanah dan youbi adalah hari  (hari tanah) 土曜日

oke sekarang kita tau nama hari dalam bahasa jepang. Namun bagaimanakah caranya apabila kita ingin menanyakan hari dalam bahasa jepang?  Watashi Kininarimasu( saya penasaran)? わたし 気になります ?

Tenang gak perlu susah- susah kita tinggal menambahkan kata youbi dalam pola kalimat Kyou wa.

Sebagai contoh :

 Echiko : Kyou wa nan youbi desuka? (hari apakah sekarang ?)
えちこ:  きょう は なんですか ?

 Kanamori : Sui youbi desu. (sekarang hari rabu)
かなもり : 水曜日です。

atau apabila kita ingin menanyakannya dengan sopan tinggal tambahkan sumimasen (すみません) di depan kalimat tanya tersebut

Hal terakhir yang harus kita pelajari adalah masalah penanggalan. Berbeda dengan penamaan bulan, penamaan tanggal dalam bahasa jepang terbilang sedikit rumit, kenapa demikian?

Ini dikarenakan oleh sedikit perbedaan yakni masalah tanggal istimewa. Penamaannya terkesan sangat berbeda dengan bilangan  yang lainya. Berikut yang merupakan tanggal istimewa :

1 = Tsuitachi    一日

2 = Futsuka     二日

3 = Mikka      三日

4 = Yokka      四日 

5 = Itsuka      五日

6 =Muika      六日

7 = Nanoka     七日

8 = Yooka      余岡

9 = Kokonoka    九日

10 = Tooka     十日

14 = Ju yokka    十四日

20 = Hatsuka    二十日

24 = Niju yokka  二十四日

Untuk bilangan lainnya sama dengan bilangan yang telah dipelajari hanya tambahkan nichi(日) dalam akhir bilangan. Contoh : Juni nichi (12) 十二日

Sekian pelajaran tentang penanggalan dalam bahasa jepang mudah-mudahan bermanfaat. Oboete kudasai to ganbatte ne !!! おぼえて ください と がんばって ね!!!


Comments

  1. Euy aran sha eta euy . Pajak nama ,pajak nama 😁😸

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Unduh Photoshop cs 5 gratis free

Ok gan kali ini ane mau nge-share salah satu aplikasi edit photo terbaik kalo menurut ane. Dengan berbagai macam fitur yang disediakan membuat proses editing menjadi lebih efisien dan efektif. Tampilannya yang user friendly membuat pengguna lebih leluasa dalam mengontrol apa lagi kalo bukan Adobe Photoshop. Kebanyakan kalian juga pasti sudah mengenal fungsi-fungsinya jadi ane gak akan banyak cingcong. Silahkan di Sruput link-nya !!!  

Hiragana

Ok sob kali ini ane mau ngasih ente pelajaran tentang huruf jepang にほんご, yakni Hiragana (ひらがな). Buat para otaku mungkin sudah familliar kalo denger hiragana. Hiragana merupakan salah satu jenis huruf jepang yang paling mendasar. Huruf ini digunakan untuk menunjukan bahasa jepang yang masih asli(original) sedangkan kata serapan dari bahasa asing biasanya menggunakan Katakana(かたかな) Nah tanpa berlama-lama lagi silahkan agan simak dengan seksama pelajaran dibawah ini. Cekidot... さはじめましょう 1. A-I-U-E-O 2.KA-KI-KU-KE-KO 3.MA-MI-MU-ME-MO 4.NA-NI-NU-NE-NO 5.HA-HI-FU-HE-HO 6.SA-SI-SU-SE-SO 7.RA-RI-RU-RE-RO 8.TA-CHI-TSU-TE-TO 9.YA-YU-YO 10.WA-WO 11. N  Sekian dan selamat belajar. がんばって ください.まだまだ つじゅく おぼえって ください